logo

Mengenal Prasasti Marmer Lebih Jauh

Mengenal Prasasti Marmer Lebih Jauh


Prasasti Marmer
Prasasti Marmer

Jika membahas tentang benda yang satu ini pasti tidak pernah ada habisnya. Coba tebak benda apa yang dimaksud disini. Benda ini memiliki bentuk yang simple. Jangan salah meskipun bentuknya simple benda ini sangat berguna bagi kita. Benda ini sudah ada sejak zaman kerajaan dahulu kala, benda apakah ini? Mungkin ada yang dapat menebaknya dengan benar. Benda yang dimaksud kali ini adalah prasasti. Prasasti pada umumnya terbuat dari bahan batuan alam. Biasanya prasasti marmer dan granit.

Prasasti secara umum merupakan sebuah dokumen atau piagam yang ditulis pada benda yang keras. Kenapa harus ditulis pada benda yang keras? Kenapa jika itu dokumen atau piagam tidak ditulis pada selembar kertas saja? Hal ini karena dengan menggunakan benda yang keras, dokumen ini akan menjadi lebih tahan lama. Anda pastinya setuju kan dengan pernyataan yang satu ini dan anda pasti telah melihat contohnya di tempat – tempat umum yang anda lewati. Pastinya anda sering melihat prasasti entah itu prasasti marmer maupun prasasti granit.


Prasasti Marmer
Prasasti Marmer

Prasasti marmer dan granit memang sampai sekarang ini tidak pernah surut peminatnya. Prasasti dapat digunakan sebagai prasasti peresmian, nameboard atau papan nama kantor, prasasti nisan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Apalagi pada jaman sekarang ini, setiap tahun pembangunan sarana dan prasarana di Indonesia semakin meningkat. Dan bahan dasar yang digunakan untuk membuat prasasti tidak lain adalah batu marmer dan batu granit.


Memang sampai sekarang ini kedua batuan alam inilah yang tetap dijadikan pilihan untuk membuat prasasti. Namun pada artikel kali ini kita tidak akan membahas prasasti dari kedua batuan tersebut melainkan kita akan membahas tentang prasasti marmer. Marmer merupakan salah satu batuan alam yang terbentuk dari proses malihan batu gamping atau kapur. Batuan yang satu ini memiliki ciri – ciri diantaranya corak yang berbeda antar batu, berwarna putih sampai kecoklatan, dan memliki struktur batu yang kompak.


Prasasti Marmer
Prasasti Marmer

Kenapa batu marmer sering digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan prasasti marmer? Hal ini karena batu marmer memiliki sifat batu yang kuat, keras, serta tahan lama terhadap perubahan cuaca. Sifat – sifat ini sangat cocok dengan keadaan peletakkan prasasti. Yang mana prasasti kebanyakan diletakkan diluar ruangan atau outdoor.


Batu marmer terdiri dari berbagai jenis dan kualitasnya pun bermacam – macam. Ada yang berkualitas baik sampai terbaik. Kualitas dari sebuah batu pastinya menjadi pertimbangan utama jika anda sedang membeli produk dari batuan alam termasuk prasasti marmer ini. Di Indonesia SDA batu marmer dengan kualitas terbaik terdapat di Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur. Bahkan karena merupakan daerah dengan batuan alam marmer terbesar dan terbaik di Indonesia, kota ini mendapat julukan sebagai kota marmer. Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengetahui hal ini.


Namun selain dari kualitas batunya, dalam membeli prasasti marmer banyak aspek yang anda pertimbangkan. Contohnya saja tempat pembeliannya, kualitas hasil produksinya, ketepatan waktunya, dan harganya. Pasti ini semua ada dalam pertimbangan anda. Memang tidak dapat dipungkiri, pastinya dalam melakukan pembelian kita menginginkan yang terbaik.


Prasasti Marmer
Prasasti Marmer

Selain dari sifat batunya, prasasti marmer juga memiliki cukup banyak manfaat yang mungkin sudah anda ketahui maupun  belum. Manfaat tersebut diantaranya

  • Sebagai alat komunikasi tidak langsung
  • Sebagai sarana pemberi informasi
  • Sebagai penambah wawasan dan pengetahuan
  • Sebagai sarana pengingat suatu peristiwa atau kegiatan
  • Sebagai simbol peresmian ( prasasti peresmian )


Nah itulah tadi beberapa manfaat dari prasasti. Sebenarnya baik itu prasasti marmer maupun granit memiliki manfaat yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada bentuk, ciri, dan sifat batuannya. Selain prasasti banyak pengrajin yang memanfaatkan batuan ini menjadi berbagai macam kerajinan, apalagi sekarang ini jaman semakin canggih dan berkembang. Sampai disini dulu pembahasan kita tentang prasasti, sampai jumpa di artikel selanjutnya.





YESI FARENZA
(WA) 081259445688 – 085850059289
Email : onlinejualmarmer@gmail.com
Jl. Kanigoro Gg 4 No. 35, Blumbang, Ds. Campurdarat, Kec. Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur 66272.

Tags

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.